Selasa, 24 Juli 2012

LAPORAN PRAKTIKUM Sistem Peredaran Darah

http://www.emocutez.com
keterangan gambar silahkan unduh
Nama             : Nia Wahyuningtyas
NPM               : 1013024049
Kelompok     : 2 (Dua)

LAPORAN PRAKTIKUM STRUKTUR HEWAN

I.      Judul        :  Sistem Peredaran Darah
II.  Tujuan     : 1. Mengetahui letak jaringan epitel pada organ
                          2. Mengetahui ciri jaringan yang tampak pada organ
III. Hasil Pengamatan
Foto Preparat
Gambar Tangan
Gambar Referensi



Keterangan :    a. Vena     b. Arteri    1. Endotelium     2.   Jar.ikat     3. Otot     4. Lumen


Foto Preparat
Gambar Tangan
Gambar Referensi



Keterangan :  1. Endotelium      2. Jar.ikat         3. Pembuluh darah 

IV.  Pembahasan
Sistem peredaran darah terdiri dari sistem peredaran vena dan sistem peredaran arteri, yang mana pada praktikum ini kami mengamati 3 buah preparat sistem peredaran darah yaitu (1) vena, merupakan pembuluh darah yang membawa darah menuju jantung atau dikenal dengan nama pembuluh balik. Pada gambar preparat, vena ditunjukan dengan simbol a. Karena gambar terlalu kecil sehingga tidak memungkinkan untuk memberi keterangan gambar namun sebenarnya untuk keterangan gambar tak berbeda dengan gambar preparat b, yang mana terdapat endotelium (sebenarnya epitelium tapi karena terletak di dalam organ sehingga disebut endotelium), jaringan ikat, otot, dan yang tampak seperti lubang/rongga ditengah-tengah itu merupakan lumen. Pembuluh balik vena adalah jenis pembuluh darah yang datang menuju serambi jantung, dinding pembuluh lebih tipis dan tidak elastis karena jumlah sel otot dan serabut elastis yang lebih sedikit (dibanding arteri). dan banyak disusun oleh serabut kolagen, terletak di dekat permukaan kulit sehingga mudah di kenali, tekanan pembuluh lebih lemah.

Struktur pembuluh vena tentu berhubungan dengan fungsinya, dinding pembuluh yang tidak elastis memungkinkan aliran darah dapat sampai ke jantung walau dengan tekanan lemah. Adapun struktur dinding yang tipis berkaitan dengan tekanan aliran darah menuju jantung yang tidak terlalau kuat. Ciri lainnya yaitu denyut tidak terasa karena tekanan darah pada vena lemah, membawa darah kotor yang mengandung banyak  Co2 (kecuali vena pulmonalis), lebih mudah membeku, dan terdapat katup (valvula semi lunaris) yang menjaga agar darah tak berbalik arah.

Adapun sistem peredaran vena terdiri dari vena kava, vena pulmonalis, vena porta hepatika. Vena kava ada yang anterior (mengalirkan darah dari anterior tubuh menuju ke atrium kanan jantung) dan ada yang posterior (mengalirkan darah dari posterior tubuh menuju ke atrium kanan jantung). vena pulmonalis mengalirkan darah dari paru-paru menuju ke atrium kiri jantung, membawa darah bersih (kadar oksigen tinggi). vena porta hepatika mengalirkan darah dari organ-organ pencernaan ke hati.

(2) Arteri, atau dikenal dengan nama pembuluh nadi merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh. Pada preparat, tampak bagian bagian yang sama dengan pembuluh vena yaitu endotelium, jaringan ikat, otot, dan yang tampak seperti lubang/rongga ditengah-tengah itu merupakan lumen. Cirinya: aliran darah berasal dari bilik jantung, memiliki dinding lebih tebal dan lebih elastis dari vena karena sel otot dan serabut elastis yang lebih banyak (dibanding vena) , tekanan pembuluh lebih kuat dari pada pembuluh balik, letaknya agak tersembunyi dari lapisan kulit, denyut terasa karena tekanan aliran darahnya yang kuat, membawa darah bersih kecuali pada arteri pulmonalis.

Adapun kaitan antara struktur dan fungsinya yaitu dinding pembuluh arteri yang lebih tebal dan lebih elastis dari vena dikarnakan fungsinya yang mengalirkan darah dari jantung, aliran darah dari jantung cukup kuat sehingga perlu dinding yang cukup tebal agar dapat menahan sekaligus menyetabilkan tekanan tersebut dengan dinding yang elastis. Dinding yang tebal, liat, elastis dan letaknya yang dalam (jauh dari permukaan kulit) juga merupakan suatu perlindungan untuk menghindari/meminimalisir resiko terlukanya pembuluh darah ini akibat kecelakaan, karena dengan tekanan darah yang kuat, jika teriris/terluka darah yang keluar akan daras/memancar kuat.
Dinding arteri elastis disusun oleh : tunika intima yang terdiri dari epitel selapis pipih (endotelium), sub endotelium, lamina elastika. Tunika media, terdiri dari otot polos, membran dan serabut elastin, serabut kolagen. Tunika adventisia tersusun dari lamina elastika dan jaringan ikat.

Beberapa perbedaan antara vena dan arteri
Vena
Arteri
Arah aliran menuju jantung (serambi jantung)
Arah aliran keluar dari jantung (bilik jantung)
Dinding tipis, kurang elastis.
Dinding tebal liat dan elastis
Tekanan pembuluh lebih lemah dari pada arteri
Tekanan pembuluh lebih kuat dari pada vena
Denyut kurang terasa
Denyut terasa
Membawa darah kotor kadar CO2 tinggi  (kecuali vena pulmonalis)
Membawa darah bersih kadar O2 tinggi (kecuali arteri pulmonalis)
Letaknya dekat permukaan kulit
Letaknya dalam, agak tersembunyi dari permukaan kulit
Jumlah sel otot dan serabut elastis lebih sedikit dari arteri, banyak disusun oleh serabut kolagen.
Jumlah sel otot dan serabut elastis lebih banyak, serabut kolagennya lebih sedikit dari vena
Salurannya sempit.
Salurannya luas
Terdapat katub/kleb di sepanjang pembuluh.
Tidak terdapat katub/klep

Namun demikian, keduanya memiliki persamaan antara lain :
Dinding pembuluhnya terdiri dari 3 lapisan utama, yaitu: tunika intima, tunika media, tunika adventitia. Yang mana lapisan bagian dalam yang terdiri dari endothelium, lapisan tengah yang terdiri atas otot polos dengan serat elastis dan lapisan paling luar yang terdiri atas jaringan ikat ditambah dengan serat elastis.

(3) Aorta, merupakan arteri yang ukurannya paling besar. Pada gambar preparat memang kurang  jelas bagian-bagiannya, yang dapat teramati yaitu endotelium, jaringan ikat dan ada pembuluh darah disitu. Dari referensi didapat : pada aorta terdapat sub endotelium, membran elastic internanya bercabang lebih dari 2, pada tunika media-nya ada lapisan serabut elastis, membran elastic eksterna-nya juga tidak jelas. Contoh arteri besar yaitu arteri vertebralis

V. Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari hasil pengamatan, yaitu:
1.      Vena merupakan pembuluh darah yang membawa darah menuju jantung dengan ciri-ciri dinding pembuluh lebih tipis dan tidak elastis karena jumlah sel otot dan serabut elastis yang lebih sedikit (dibanding arteri). dan banyak disusun oleh serabut kolagen, tekanan pembuluh lebih lemah, terletak di dekat permukaan kulit sehingga mudah di kenali, denyut tak terasa, terdapat katup/klep.
2.      Arteri merupakan pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh dengan ciri-ciri memiliki dinding lebih tebal dan lebih elastis karena sel otot dan serabut elastis yang lebih banyak (dibanding vena), tekanan pembuluh lebih kuat dari pada pembuluh balik, letaknya agak tersembunyi dari lapisan kulit, denyut terasa karena tekanan aliran darahnya yang kuat, membawa darah bersih (kecuali pada arteri pulmonalis).
3.      Aorta merupakan arteri yang ukurannya paling besar. Yang dapat teramati pada preparat yaitu endotelium, jaringan ikat dan ada pembuluh darah.


0 komentar: